Mengapa Kotoran Burung Bisa Merusak Cat Mobil

Mengapa-Kotoran-Burung-Bisa-Merusak-Cat-MobilKebanyakan pemilik kendaraan, terutama mobil pasti memilih tempat parkir terbaik pada saat udara panas, yakni di bawah pohon yang rindang.

Tetapi, pohon yang rindang diketahui juga merupakan tempat hinggap burung-burung yang berkicau indah. Maka jangan heran, jika burung-burung itu tidak permisi pada saat membuang kotoran hingga jatuh tepat di atas mobil anda.

Kondisi itu tentu menjadi hal yang menakutkan bagi cat kendaraan. Karena, kotoran burung dikenal dapat merusak lapisan cat. Mengapa?

Karena kotoran burung mengandung asam yang sangat tinggi, sehingga dapat membekas di cat apabila didiamkan terlalu lama, apalagi pada cat mobil yang panas. Panas matahari akan menguapkan kotoran burung tersebut dan membuat kotoran semakin jenuh dengan asam.

Sebagai bukti, lihat saja sejumlah patung marmer yang hancur di kota-kota yang dipenuhi dengan kotoran merpati dan anda akan melihat apa yang dimaksud dengan tajamnya kotoran burung.

Lalu, apakah anda dapat segera membersihkan kotoran tersebut menggunakan tissue? Jangan! Tahukah anda, apabila burung menggunakan batu kerikil untuk membantunya mencerna makanan? Kerikil tersebut terbawa dalam kotorannya, sehingga dapat melukai cat mobil apabila anda mengelapnya begitu saja.

Cara menghilangkannya bisa dengan dibilas menggunakan air yang bersih atau dengan shampo khusus mobil. Apabila kotoran yang menempel sudah terlanjur mengering Anda bisa menggunakan air panas yang dicampur dengan shampo khusus untuk bodi mobil. Kemudian keringkan dengan lap bersih hingga benar-benar kering.

Tinggalkan Balasan