Hal Penting Dalam Mencuci Motor

Hal-Penting-Dalam-Mencuci-MotorMencuci motor biasanya lebih sering dilakukan ketika musim hujan datang. Jika kondisi motor tidak terlalu kotor, biasanya pencucian motor dilakukan sendiri oleh pemilik di rumah. Namun jika kondisi motor kotor sekali, maka pemilik motor menggunakan jasa pencucian menggunakan steam.

Meski membuat tampilan sepeda motor menjadi bersih dan kinclong, namun ternyata sering-sering mencuci motor berisiko merusak komponen mesin.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat mencuci sepeda motor:

1. Perhatikan peralatan untuk mencuci.

Siapkan spon, sikat halus, sabun cuci khusus, serta dua lap. Meski sederhana, peralatan ini membantu membersihkan dan mencegah adanya lecet saat mencuci. Spons digunakan pada proses menyabuni motor dan komponen yang terjangkau tangan, sementara sikat membantu membersihkan sela-sela kecil yang susah terjangkau oleh tangan. Lap basah berguna untuk membilas bekas sabun dan lap yang satu lagi digunakan pada proses pengeringan.

2. Tunggu bagian mesin hingga dingin.

Tak banyak motor yang memiliki pelindung mesin. Karenanya saat mencuci motor, pastikan tidak sehabis melakukan perjalanan jauh atau saat suhu mesin masih sangat panas. Jika blok masih sangat panas lalu disiram air, maka mesin atau komponen motor yang terbuat dari logam bisa meregang terlalu cepat.

3. Cukup membersihkan motor menggunakan air yang mengalir dari selang.

Bukan berarti tak boleh mencuci dengan air bertekanan tinggi, tetapi ini dilakukan untuk mencegah kerusakan pada komponen-komponen sepeda motor saat terkena tekanan air tadi, apalagi jika air ditembakkan ke sistem pembakaran.

4. Jangan parkir motor di bawah terik matahari usai dicuci.

Setelah mencuci motor usai, keringkan menggunakan lap lembut. Selain itu hindari memarkirnya di tempat yang terkena matahari langsung untuk mencegah timbulnya bintik-bintik air di bodi atau komponen lainnya.

Tinggalkan Balasan